Tuesday, July 24, 2012

Luangkan Waktu untuk Tidur Siang

tidur siang
Tidur malam yang baik dapat membuat Anda merasa segar setiap harinya. Menurut Harvard Health Watch Woman, kurang tidur kronis dapat menyebabkan peningkatan berat badan, tekanan darah tinggi dan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Sebaliknya, kebiasaan tidur yang baik meningkatkan kemampuan untuk belajar dan mengingat sesuatu, menjaga kestabilan berat badan, membuat Anda optimistis, menjaga kesehatan jantung, dan menghindari berbagai penyakit, serta menghindari kecelakaan yang disebabkan rasa kantuk. Nah, jika Anda berjuang untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, tip berikut dapat membantu Anda memiliki kebiasaan tidur yang baik, seperti dipaparkan Care2.

Tidur pada waktu yang sama setiap malam
Salah satu cara terbaik untuk memastikan Anda cukup tidur ialah dengan membuat sebuah rutinitas yang mampu membuat tubuh Anda terbiasa. Langkah awal yang dapat membangun rutinitas tidur yang sehat ialah menetapkan dan berpegang teguh pada waktu tidur yang memungkinkan Anda tidur berkualitas meski tidak terlalu banyak. Yayasan National Sleep mengklaim jumlah tidur didasarkan pada individu dan juga usianya. Pilih waktu tidur yang memberikan Anda cukup waktu yakni kurang lebih antara tujuh sampai delapan jam.

Bangun pada waktu yang sama setiap pagi
Bangun pada waktu yang sama setiap hari tidak hanya menjamin Anda tidak kesiangan, tapi juga memungkinkan tubuh Anda terjaga dalam ritme tidur yang baik. Penelitian menunjukkan bahwa tidur yang cukup dapat membuat Anda panjang umur.

Tidur siang
Segala jenis aktivitas yang membuat Anda tertekan seperti jadwal perjalanan kerja ataupun deadlinedapat mengganggu jadwal tidur malam Anda. Jika ada waktu luang pada siang hari, pergunakanlah waktu tersebut untuk tidur siang sejenak, sehingga dapat membantu tubuh Anda beristirahat lelap di malam hari.

2 comments: