Tuesday, July 5, 2011

Kandungan dan Kekuatan dari Jaring Laba-Laba







Quote:
Jika di rumah agan ada sarang laba2, coba perhatiin dgn seksama dh gan. Secara kasat mata tu sarang trbuat dri Benang tipis. Namun, jangan remehin kekuatan Dahsyatnya gan
Iseng2, coba deh agan deketin jari agan ke salah satu benang pembentuk sarang laba-laba. Trus coba putusin benangnya.
Tu benang gabakal putus gan , tapi justru membelit jari tangan kita.
Kekuatan benang itu baru terlihat kalo ada lalat/serangga yg terbang hendak menerjang.
Meski kecil, kecepatan terbang serangga itu tak bisa dibilang lambat.
Namun, loloskah serangga itu?
Bisa dijamin lalat atau serangga itu tak akan lolos dari jerat sarang laba-laba. Padahal, kalo dihitung dengan rumus momentum, beban yang diterima sarang itu pastilah tidak kecil.



Para ilmuwan sudah mengakui kekuatan jaring laba2.
Benangnya 5 kali lebih kuat dari serat baja dengan ketebalan yang sama. Padahal, baja termasuk material paling kuat yang tersedia bagi manusia. Selain itu, benang laba2 memiliki gaya tegang 150.000 kg/m2.
Jika ada seutas tali berdiameter 30 cm terbuat dari benang laba-laba, maka ia akan mampu menahan beban 150 mobil!



Jaring Laba2 terbuat dari molekul berbentuk Serat, yang tersusun dari residu asam animo glisin 42%, alanin 25% dan 33% sisanya glutamin,serin, dan triosin.
Analisi Resonansi Magnetik Serat terhadap jaring laba-laba yang mengandung 40% alanin menunjukan suatu struktur yang terorganisir sangat rapi seperti kristal. Jaring laba-laba ternyata tahan air dan memiliki kekuatan 5 kali lebih besar dari baja dengan ukuran yang sama, dan 2 kali lebih lentur dari pada serat nilon. Begitu kuatnya jaring laba-laba ini, sehingga dimungkinkan untuk menjadi Bahan tekstil Anti Peluru, Penguat Material Komposit untuk selubung Peralatan Elektronik, Body Mobil, dan Bahan Pesawat Terbang.



Kekuatan benang laba-laba merupakan teka-teki yang menarik untuk dipecahkan.
Dalam Proceeding The National Academy of Science Amerika Serikat yang dipublikasikan Juni 2002 diungkapkan, pihak Angkatan Darat Amerika Serikat (AD AS) bekerja sama dengan para peneliti dari Universitas California Santa Barbara.
Ilmuwan sendiri sudah mulai menggunakan benang laba-laba sebagai model untuk membuat kevlar, yakni bahan pembuatan jaket antipeluru.
Peluru mempunyai kecepatan 150 m/detik dan dapat merobek sebagian besar benda yang dikenainya kecuali barang yang terbuat dari kevlar. Namun, benang laba-laba yang lebih tipis dari selembar rambut manusia dan lebih ringan dari kapas ini justru 10 kali lipat lebih kuat daripada kevlar.


Spoiler for Cara Laba2 Membangun Sarang:
Quote:
Ketika laba-laba membangun jaringnya, sebuah keajaiban nyata terjadi.

Mula-mula laba-laba melempar benang yang dipintalnya ke udara. Aliran udara akan membawa benang itu ke tempat tertentu sebagai tempelan benang. Setelah itu pekerjaan konstruksi jaring-jaring laba-laba pun dimulai. Sebuah jaring dapat dianyam selama satu jam atau lebih.

Ada dua benang yang membentuk jaring laba-laba. Yaitu benang yang lengket dan tidak lengket. Mula-mula laba-laba akan menarik benang yang kuat dan tegang dari titik pusat ke arah luar untuk mempersiapkan kerangka jaringnya dengan banyak jari-jari.

Kemudian ditambahkan pula benang pijakan yang digunakan sewaktu memintal benang spiral. Untuk membuat benang spiral, ia menggunakan benang yang kendur dan lengket. Saat memintal benang spiral, laba-laba membuat pijakan. Pembuatan jaring-jaring akan selesai setelah benang spiral mendekati bagian tengah.

Laba-laba sangat tergantung pada jaring-jaring yang dibuatnya. Selain berfungsi sebagai perangkap mangsa, jaring-jaring itu digunakan untuk tempat berkembang biak. Dengan jaring-jaringnya, laba-laba dapat memangsa serangga yang terbang walaupun ia sendiri tidak bisa terbang. Laba-laba membungkus telurnya dalam kepompong yang terbuat dari pintalan benang-benang untuk melindunginya dari bahaya.

Laba-laba yang tidak memintal jaring menggunakan benang-benang untuk menempeli sarang persembunyian dan lorong-lorongnya. Benang-benang itu dibentangkan untuk mencegah agar tidak tertiup angin. Bentangan ini juga berfungsi untuk jalan bagi laba-laba jantan menuju laba-laba betina. Dengan begitu, benang-benang ini memiliki peran penting dalam ritual percumbuan dan perkimpoian. Kebanyakan laba-laba jantan akan membuat semacam permadani sutra kecil untuk menyimpan sperma mereka.

Penelitian terhadap jaring laba-laba masih terus dilakukan untuk mendapatkan jawaban atas teka-teki alam ini. Sedikit demi sedikit misteri kekuatan jaring laba-laba mulai terkuak. Suatu saat, bila kita dapat membuat jalinan sutera sekuat benang laba-laba, maka kita bisa menciptakan alat berkekuatan luar biasa.



No comments:

Post a Comment